Senin, 23 April 2012

23 April, Hari Buku Sedunia


Tanggal 23 april merupakan tanggal simbolik untuk dunia sastra karena pada tanggal yang sama tahun 1616, Cervantes, Shakespeare dan Inca Garcilaso de la Vega semuanya meninggal dunia. Tanggal 23 April juga merupakan tanggal lahir dan meninggalnya penulis terkemuka lainnya seperti Maurice Druon, K. Laxness, Vladimir Nabokov, Josep Pla dan Manuel Meijia Vallejo. Pemilihan tanggal tersebut merupakan pilihan Unesco, guna Mendorong kepada setiap orang (kaum muda khususnya) untuk menemukan kesenangan dalam membaca, dan memberikan apresiasi yang tinggi kepada pengarang-pengarang besar yang telah memberikan kontribusi terhadap kemajuan sosial dan kultural manusia. Oleh karena itu, terpilihlah tanggal 23 April sebagai Hari Buku Dunia.

Namun sayang sekali, di Indonesia perayaan Hari Buku tak seramai atau seheboh hari kasih sayang, hari buruh, dan hari perayaan lainnya. Bahkan mungkin ada yang tidak tahu, kalau tanggal 23 April adalah hari buku dunia.

Ada berbagai sumber yang menguak sejarah tentang buku. Buku pertama disebutkan lahir di Mesir pada tahun 2400-an SM setelah orang Mesir menciptakan kertas papirus. Kertas papirus yang berisi tulisan ini digulung dan gulungan tersebut merupakan bentuk buku yang pertama. Ada pula yang mengatakan buku sudah ada sejak zaman Sang Budha di Kamboja karena pada saat itu Sang Budha menuliskan wahyunya di atas daun dan kemudian membacanya berulang-ulang. Berabad-abad kemudian di Cina, para cendekiawan menuliskan ilmu-ilmunya di atas lidi yang diikatkan menjadi satu. Hal tersebut memengaruhi sistem penulisan di Cina di mana huruf-huruf Cina dituliskan secara vertikal yaitu dari atas ke bawah.

Buku yang terbuat dari kertas baru ada setelah Cina berhasil menciptakan kertas pada tahun 200-an SM dari bahan dasar bambu di ditemukan oleh Tsai Lun. Kertas membawa banyak perubahan pada dunia. Pedagang muslim membawa teknologi penciptaan kertas dari Cina ke Eropa pada awal abad 11 Masehi. Disinilah industri kertas bertambah maju. Apalagi dengan diciptakannya mesin cetak oleh Gutenberg perkembangan dan penyebaran buku mengalami revolusi. Kertas yang ringan dan dapat bertahan lama dikumpulkan menjadi satu dan terciptalah buku.

Banyak orang bilang buku adalah sumber ilmu dan pengetahuan, tapi sayang sekarang ini kedudukan buku sepertinya sudah tergerus oleh keberadaan Internet. Yapz, generasi sekarang lebih memilih Internet ketimbang buku.

Sekarang lah momentum yang tepat untuk kembali �memboomingkan� buku, benda penuh ilmu yang mulai ditinggalkan. Mulailah dari diri kita sendiri. Cinta kepada buku berarti cinta kepada ilmu. 





sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar