Jumat, 18 Oktober 2013

Kebiasaan Yang Membahayakan

Yoga telah lama dikenal sebagai media penenang pikiran dan menyehatkan tubuh. Namun Anda harus waspada, sejak tahun 2001 hingga 2002, jumlah pasien yang dibawa ke ruang gawat darurat karena yoga bertambah banyak. Beberapa postur yoga yang membutuhkan kelenturan bisa menyebabkan trauma tulang punggung dan leher. Trauma ini bisa menyebabkan penyumbatan darah, kerusakan otak bahkan stroke. Jika Anda suka yoga, pastikan memiliki instruktur kompeten dan ketahui batas lentur tubuh Anda.


Ayam bakar, sate, ikan bakar dan sebagainya tampak sebagai alternatif untuk mengurangi konsumsi makanan digoreng. Namun makanan yang dibakar ternyata menyimpan potensi yang lebih berbahaya. Bekas bakar hitam akibat panas yang langsung mengenai bahan makanan dalam temperatur tinggi menjadi salah satu pencetus heterocyclic amines, sebuah bahan bersifat karsinogen penyebab kanker. Minimalkan konsumsi makanan yang dibakar dengan arang.

Kebiasaan ini sudah sering kita lakukan sejak kecil. Minum vitamin dianggap menyehatkan tubuh karena bisa memberi nutrisi yang kadang tidak tercukupi dalam makanan. Namun, penggunaan vitamin buatan pabrik berpotensi menyebabkan kematian yang disebabkan kanker dan penyakit hati. Vitamin yang mengandung antioksidan tingkat tinggi bahkan dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh kita. Daripada minum vitamin buatan, lebih baik konsumsi vitamin alami dalam buah, sayur, ikan, ayam dan makanan alami lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar